Standar Ketebalan Piringan Cakram Mobil

Standar ketebalan piringan cakram mobil harus selalu anda perhatikan. Komponen penting ini sangat berguna dalam proses pengereman. Rem berfungsi sebagai alat keseimbangan stabilitas kecepatan dan menjaga agar pengemudi untuk tetap aman.

Jika dulu banyak jenis transportasi menggunakan jenis rem drum, saat ini banyak produsen beralih menggunakan rem cakram. Jenis rem ini lebih efektif untuk meningkatkan keamanan.

Piringan Cakram Mobil

Rem cakram terdiri dari beberapa bagian, terutama kampas rem atau disc brake pads. Komponen ini memiliki peran penting dalam mengurangi kecepatan dalam berkendara. Sehingga anda harus selalu rutin melakukan pengecekan untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Sebenarnya cukup mudah mengenali kondisi kampas rem mobil tanpa kita membongkarnya. Cara paling gampang dengan membedakan tarikan tuas. Biasanya pengaturan dari pabrik mulai lima sampai tujuh klik.

Cara Memeriksa Standar Ketebalan Piringan Cakram Mobil

Dalam perjalanan mungkin anda akan merasa was-was jika belum sempat mengecek fungsi dari rem mobil. Cara memeriksa standar ketebalan piringan cakram mobil cukuplah mudah dengan disc brake.
Tinggal intip dari celah yang ada pada velg dengan menggunakan lampu senter atau senter ponsel. Jadi, anda tidak perlu susah payah untuk membukanya. Saat anda mengintip, yang terlihat adalah ketebalan brake pad atau kampas rem bagian luar.

Penggantian kampas rem itu tidak menentu, namun biasanya bisa bertahan hingga 6 bulan atau bahkan 2 tahun, semua tergantung pemakaian. Maka dari itu, kita harus selalu mengeceknya.

Mengukur Ketebalan Kampas Rem

Ada kalanya kampas rem yang anda pakai sebagai salah satu komponen rem mengalami keausan atau out of wear. Hal ini mengakibatkan kemampuan rem dalam memperlambat laju kendaraan berkurang yang berujung rem tidak pakem. Untuk itu, sangat perlu dilakukannya pengecekan kampas rem ini.

Ada Bunyi Decitan Saat Mengerem

Ada beberapa langkah yang bisa kita gunakan untuk mengecek standar ketebalan piringan cakram mobil. Salah satunya dengan mengecek bunyi decitan pada saat kita melakukan pengereman. Suara ini bisa disebabkan karena ada fluida atau tekanan masuk ke piringan rem.

Bunyi decitan akan terdengar ketika kampas rem tipis dan menghasilkan bunyi gesekan antara dua logam. Tapi anda tak perlu khawatir “pad” pada rem mobil anda tak bergesekan dengan piringan. Akan tetapi, ada brake wear indicator yang menunjukkan bunyi decitan ketika kampas rem habis.

Lihat Ketinggian Minyak Rem

Cara melihat standar ketebalan piringan cakram mobil selanjutnya dengan melihat ketinggian minyak rem. Minyak rem berfungsi sebagai penghantar tekanan dari pedal ke kaliper rem.

Sifat minyak rem ini berfungsi sebagai fluida yang dapat menyesuaikan tempatnya. Pada reservoir akan terlihat beberapa volume minyak rem mobil anda. Misalkan sudah terlihat dibawah normal, maka anda bisa indikasikan kampas remnya sudah tipis.

Sebab saat ketebalan kampas rem berkurang, maka ketebalan total yang diapit oleh piston pada kaliper juga akan menurun. Hal ini bisa terjadi karena piston selalu menekan kampas ke arah pinggiran.

Lepas Kampas Rem Mobil Anda

Untuk memastikan apakah kampas rem mobil anda masih berfungsi, anda harus melepasnya. Caranya cukup mudah, dengan melepas roda bagian depan.

Selanjutnya anda hanya perlu melepas satu buah baut untuk mengambil kampas dari dalam sistem rem. Setelah baut terlepas, angkat bagian bawah kaliper dan anda bisa langsung mengambil kampas rem dari piringan.

Lakukan Visual Inspection

Dalam langkah memeriksa standar ketebalan piringan cakram mobil ini, sebenarnya tidaklah terlalu rumit. Anda cukup periksa kondisi kampas remnya dengan indikator-indikator yang telah tersedia.

Apabila kampas masih tebal, garis pada tengah rem akan terlihat sangat jelas. Namun apabila garis ini hilang, maka tandanya kampas rem perlu anda ganti. Biasanya tidak semua kampas rem dilengkapi dengan garis ini, beberapa kampas memiliki desain flat tanpa garis.

Indikator kedua bernama brake wear indicator. Bagian ini berbentuk layaknya plat yang arahnya ke piringan rem. Fungsi indikator ini untuk memberitahu pengemudi apabila kampas rem tipis.

Saat indikator ini bergesekan dengan piringan ketika anda menginjak rem dan menghasilkan bunyi decitan, maka tanda kampas rem sudah tipis.

Inilah cara melihat standar ketebalan piringan cakram mobil dan beberapa tips untuk anda agar selalu mengecek kondisi kendaraan saat akan bepergian.

Otomotif Uncategorized